Posted by: Tanzil Qolby | January 4, 2013

Kisah Ruh Syeikh Abdul Qodir Jaelani dan Buroq

Kisah Ruh Syeikh Abdul Qodir Jaelani dan BuroqBERIKUT  adalah manaqib dari rajanya Aulia (Qotbul Aqtob) Syeikh AbdulQodir Jaelani diterjemahkan dari kitab “Al-Lujaini ad-Daani” yg disusun oleh Syeikh Al-Karim Ja’far bin Hasan Abdul Karim al~Barzanji R.A. Mudah mudahan aQu dan kalian mendapat barokah serta karomah nya aamiin yaa mujiib..Diriwayatkan oleh syeikh Rasyid bin Muhammad al-junaidi dlm kitab Roudhoh an-nadzir,, pada malam Rosulullah (shollallahu’alayhi wasallam) Mi’roj,, malaikat Jibril datang menghadap Rosulullah sambil membawa Buroq,, telapak kaki Buroq trsbut mengeluarkan cahaya seperti cahaya rembulan.

Buroq trsbut diberikan kepada nabi Muhammad oleh malaikat Jibril As. Seketika itu juga Buroq trsebut tidak mau diam karena sangat senang yg luar biasa sehingga nabi bersabda: “wahai Buroq kenapa engkau tidak mau diam!? Apa karena engkau tdk mau aku tunggangi?”
Buroq mnjawab: “wahai Rosulullah, bukan aku tidak mau baginda tunggangi, tetapi aku mempunyai permintaan kepada baginda wahai kekasih Allaah, permintaanku adalah nanti di hari qiyamat ketika baginda masuk kedalam surga agar tidak menunggangi yang lain kecuali aku”.
Rosulullah bersabda:”wahai buroq permintaanmu aku kabulkan”.. Buroq itu pun brkata lagi: “wahai baginda sudikah kiranya baginda memegang pundakku agar menjadi ciri dihari qiyamah?” kemudian Rosulullah memegangkan kedua tangannya pada pundak buroq trsbt,, karena buroq saking gembiranya yg sangat luarbiasa, sehingga badan nya tdk muat lagi untuk ditempati ruh nya, terpaksa buraq tsbt membesar dan tinggi sampai 40 hasta. Stelah itu Rosulullah berdiri sebentar sambil melihat betapa tingginya buroq dan berfikir bagaimana caranya untuk naik ke punggungnya sedangkan pada saat itu tidak ada satupun tangga untuk naik.
Pada saat itu juga datang ruh nya Syeikh Abdul Qodir Aljaelani seraya berkata: “silahkan baginda naik ke pundak saya”.. Kemudian Rosulullah naik ke pundaknya ruh Ghautsul ‘Adzom ‘Syeikh AbdulQodir Jaelani, kemudian syeikh AbdulQodir jaelani berdiri, sehingga Rosulullah dapat naik ke pundaknya buroq kemudian nabi bersabda: “dua telapak kaki ku menaiki pundakmu wahai Abdul Qodir, maka telapak kakimu nanti yang akan menaiki pundak semua wali-wali Allah”

About these ads

Responses

  1. Alhamdu..saya ucapkan banyak terima kasih kpd blog ini,..smoga penulis mendapat hidayah dr ALLAH SWT

  2. Semoga penulis mendapatkan hidayah dari Allah swt, untuk menyampaikan yang Haq bersumber dari Alquran & Assunnah..
    Bukan cerita rakyat.

  3. ga masuk AKALL…!

  4. Subhanallah..

  5. subhanallaah…

  6. Yakin ini cerita yang bener mas bro???

  7. maaf pengen tau aja,,ini cerita sumbernya dari mana?

  8. Assalammualaikum. Luar biasa cerita para pembohong sejarah syekh abdul qodir jailani. Dusta dan fitnah kepada Beliau sdh diluar dari takdir Allah. Beliau adalah orang yg berpegang teguh kpd Al quran dan Hadist. Ketauhitannya tdk diragukan. Para Sufi pendongeng membuat cerita2 tahayul dan dongeng2 palsu membuat Beliau terfitnah sebagai ahli tasawuf. Beliau murni sbg Ahlussunnah dan pengikut Salaf bukan tassawuf dan Sufi. Hati2 dng sejarah para wali yg dipelintir seolah2 wali sm kedudukannya dng Rasullullah.

  9. Assalamuallaikum.sebenarnya anda2 semua sudah ditakdirkan dipilih ALLAH SWT mana hatinya yg percaya dan yg tidak percaya.

  10. Ass,, para pembaca yg budiman, klw Qt blm mengkaji lebih dalm ttg ilmu agama islam jgn dulu mengecap para para sufi itu pendongeng palsu, atau penulis itu para pembohong yg mengarang cerita, krn kbenarannya qt blm tahu sebab qt tdk melihat kjadiaanya dan ilmu qt jg blm sampe ksna.

    • cerita yang aneh, dari mana sumbernya ya … kaya dongeng israiliyat.

  11. Yg menjadi pertayaan itu:
    Rosululloh Saw dgn Syekh Abdul Qodir Jalani itu meninggal nya dulu an mana.

  12. Kalau memang kisah Abdul Qadir Jaelani ini benar maka harus buktikan terlebih dahulu mana riwayat & hujahnya yang shahih.
    Sabda2 Rasulullah SAW saja yang jelas seorang Rasul melalui proses seleksi yang ketat ditelusuri kebenaran apakah riwayatnya shahih, hasan, dhaif, dll?
    Dan kitab Lubabul Ma’ani yang menceritakan kisah Abdul Qadir Jaelani ini sarat dengan ghuluw yang justru dalam ajaran islam sendiri sangat dicela..

  13. amin2
    dengan adanya riwayat2 tuan syeh maupun riwayat kangjeng nabi muhammad .SAW.
    hati ini terasa tersentuh dn timbul rasa cinta dn mahabah amin ya alloh ya robal alamin.

    • amin2 mudah2an kita menharapkan sapaatnya dn barokahnya

  14. Subhanallah

  15. juoh

  16. Urusan karomah dan mu’jizat bukan bagian aqal tapi bagian iman

  17. wowww

  18. Telur dulu apa ayam dulu ni

  19. ini cerita mati yang tidak berdasar,mudah2an yang menukil cerita ini diberikan hidayah.

  20. cerita boong menyesatkan n membodohi umat islam yg tdk ada dasarnya dlm Al qur’an n Hadist nabi

    • apakah membuka aurat sesuai dengan alquran dan hadist nabi

      • Membuka aurat itu tidak menyesatkan cuma dosa aja…. Tetapi kalau kita buat cerita yg boleh menyesatkan umat islam dan akidah itu lagi besar dosanya… Ternyata kamu ini bodoh orangnya

  21. Cerita bohong dan mengarut…. Sila tunjukkan bukti….. Dari kitab mana kisah ini sila nyatakan….. Kalau gagal tunjukkan bukti bermakna anda seorang yg bodoh dan wajib disepak dimuka!

  22. yang cerita tentang kisah tersebut sangat bodoh dan naif dan tdk mengetahui tentang sejarah islam ,buraq itu bukan mahluk itu hanya perumpamaan karena kecapatan nya tak terhingga pada saat mi,raj jadi
    jangan hanya tahu lwt buku sja karna ilmu yang sebenarnya ada di dada2 orang mukmin yg di beri petunjuk


Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 61 other followers

%d bloggers like this: