Posted by: Tanzil Qolby | January 4, 2013

Kisah Ruh Syeikh Abdul Qodir Jaelani dan Buroq

Kisah Ruh Syeikh Abdul Qodir Jaelani dan BuroqBERIKUT  adalah manaqib dari rajanya Aulia (Qotbul Aqtob) Syeikh AbdulQodir Jaelani diterjemahkan dari kitab “Al-Lujaini ad-Daani” yg disusun oleh Syeikh Al-Karim Ja’far bin Hasan Abdul Karim al~Barzanji R.A. Mudah mudahan aQu dan kalian mendapat barokah serta karomah nya aamiin yaa mujiib..Diriwayatkan oleh syeikh Rasyid bin Muhammad al-junaidi dlm kitab Roudhoh an-nadzir,, pada malam Rosulullah (shollallahu’alayhi wasallam) Mi’roj,, malaikat Jibril datang menghadap Rosulullah sambil membawa Buroq,, telapak kaki Buroq trsbut mengeluarkan cahaya seperti cahaya rembulan.

Buroq trsbut diberikan kepada nabi Muhammad oleh malaikat Jibril As. Seketika itu juga Buroq trsebut tidak mau diam karena sangat senang yg luar biasa sehingga nabi bersabda: “wahai Buroq kenapa engkau tidak mau diam!? Apa karena engkau tdk mau aku tunggangi?”
Buroq mnjawab: “wahai Rosulullah, bukan aku tidak mau baginda tunggangi, tetapi aku mempunyai permintaan kepada baginda wahai kekasih Allaah, permintaanku adalah nanti di hari qiyamat ketika baginda masuk kedalam surga agar tidak menunggangi yang lain kecuali aku”.
Rosulullah bersabda:”wahai buroq permintaanmu aku kabulkan”.. Buroq itu pun brkata lagi: “wahai baginda sudikah kiranya baginda memegang pundakku agar menjadi ciri dihari qiyamah?” kemudian Rosulullah memegangkan kedua tangannya pada pundak buroq trsbt,, karena buroq saking gembiranya yg sangat luarbiasa, sehingga badan nya tdk muat lagi untuk ditempati ruh nya, terpaksa buraq tsbt membesar dan tinggi sampai 40 hasta. Stelah itu Rosulullah berdiri sebentar sambil melihat betapa tingginya buroq dan berfikir bagaimana caranya untuk naik ke punggungnya sedangkan pada saat itu tidak ada satupun tangga untuk naik.
Pada saat itu juga datang ruh nya Syeikh Abdul Qodir Aljaelani seraya berkata: “silahkan baginda naik ke pundak saya”.. Kemudian Rosulullah naik ke pundaknya ruh Ghautsul ‘Adzom ‘Syeikh AbdulQodir Jaelani, kemudian syeikh AbdulQodir jaelani berdiri, sehingga Rosulullah dapat naik ke pundaknya buroq kemudian nabi bersabda: “dua telapak kaki ku menaiki pundakmu wahai Abdul Qodir, maka telapak kakimu nanti yang akan menaiki pundak semua wali-wali Allah”

About these ads

Responses

  1. Alhamdu..saya ucapkan banyak terima kasih kpd blog ini,..smoga penulis mendapat hidayah dr ALLAH SWT

  2. Semoga penulis mendapatkan hidayah dari Allah swt, untuk menyampaikan yang Haq bersumber dari Alquran & Assunnah..
    Bukan cerita rakyat.

  3. ga masuk AKALL…!

  4. Subhanallah..

  5. subhanallaah…

  6. Yakin ini cerita yang bener mas bro???

  7. maaf pengen tau aja,,ini cerita sumbernya dari mana?

  8. Assalammualaikum. Luar biasa cerita para pembohong sejarah syekh abdul qodir jailani. Dusta dan fitnah kepada Beliau sdh diluar dari takdir Allah. Beliau adalah orang yg berpegang teguh kpd Al quran dan Hadist. Ketauhitannya tdk diragukan. Para Sufi pendongeng membuat cerita2 tahayul dan dongeng2 palsu membuat Beliau terfitnah sebagai ahli tasawuf. Beliau murni sbg Ahlussunnah dan pengikut Salaf bukan tassawuf dan Sufi. Hati2 dng sejarah para wali yg dipelintir seolah2 wali sm kedudukannya dng Rasullullah.

  9. Assalamuallaikum.sebenarnya anda2 semua sudah ditakdirkan dipilih ALLAH SWT mana hatinya yg percaya dan yg tidak percaya.

  10. Ass,, para pembaca yg budiman, klw Qt blm mengkaji lebih dalm ttg ilmu agama islam jgn dulu mengecap para para sufi itu pendongeng palsu, atau penulis itu para pembohong yg mengarang cerita, krn kbenarannya qt blm tahu sebab qt tdk melihat kjadiaanya dan ilmu qt jg blm sampe ksna.

    • cerita yang aneh, dari mana sumbernya ya … kaya dongeng israiliyat.

  11. Yg menjadi pertayaan itu:
    Rosululloh Saw dgn Syekh Abdul Qodir Jalani itu meninggal nya dulu an mana.

  12. Kalau memang kisah Abdul Qadir Jaelani ini benar maka harus buktikan terlebih dahulu mana riwayat & hujahnya yang shahih.
    Sabda2 Rasulullah SAW saja yang jelas seorang Rasul melalui proses seleksi yang ketat ditelusuri kebenaran apakah riwayatnya shahih, hasan, dhaif, dll?
    Dan kitab Lubabul Ma’ani yang menceritakan kisah Abdul Qadir Jaelani ini sarat dengan ghuluw yang justru dalam ajaran islam sendiri sangat dicela..

  13. amin2
    dengan adanya riwayat2 tuan syeh maupun riwayat kangjeng nabi muhammad .SAW.
    hati ini terasa tersentuh dn timbul rasa cinta dn mahabah amin ya alloh ya robal alamin.

    • amin2 mudah2an kita menharapkan sapaatnya dn barokahnya

  14. Subhanallah

  15. juoh

  16. Urusan karomah dan mu’jizat bukan bagian aqal tapi bagian iman

  17. wowww

  18. Telur dulu apa ayam dulu ni

  19. ini cerita mati yang tidak berdasar,mudah2an yang menukil cerita ini diberikan hidayah.

  20. cerita boong menyesatkan n membodohi umat islam yg tdk ada dasarnya dlm Al qur’an n Hadist nabi

    • apakah membuka aurat sesuai dengan alquran dan hadist nabi

      • Membuka aurat itu tidak menyesatkan cuma dosa aja…. Tetapi kalau kita buat cerita yg boleh menyesatkan umat islam dan akidah itu lagi besar dosanya… Ternyata kamu ini bodoh orangnya

  21. Cerita bohong dan mengarut…. Sila tunjukkan bukti….. Dari kitab mana kisah ini sila nyatakan….. Kalau gagal tunjukkan bukti bermakna anda seorang yg bodoh dan wajib disepak dimuka!

  22. yang cerita tentang kisah tersebut sangat bodoh dan naif dan tdk mengetahui tentang sejarah islam ,buraq itu bukan mahluk itu hanya perumpamaan karena kecapatan nya tak terhingga pada saat mi,raj jadi
    jangan hanya tahu lwt buku sja karna ilmu yang sebenarnya ada di dada2 orang mukmin yg di beri petunjuk

  23. sejarah itu memang benar,,,, q juga pernah mengaji pda ustad saya menjelaskan tentang isi kitab d situ ada sejarah buroq dan ternyata itu syeh abdul qodir al jaelani, awalnya q tak percaya tapi memang ada sumbernya,,,,, bagi yg tdk percaya pasti karena belum mengetahui,,, jadi carilah sumber sendiri dan buktikan sendiri,,,, jgn cuma minta d cariin sumber,,, carilah sendiri dan bertanya pda yg lebih tahu,,,, agar tdk asal ngomong yg menyebabkan fitnah,, jgn saling membodohkan satu sama lain,,,, seseorang yg pintar pasti tidak akan membodohkan sesorang, tapi menunjukan mana yg bnar,,,

  24. penulis blok ini adalah orang yg bodoh sebodohnya manusia. orang islam bukanlah orang yg bodoh. anda sbetulnya muslim apa bukan?
    kok bodoh?
    kamu belajar dr ustad siapa?

  25. Assalamu’alaikum ….memang benar zahirnya Syaikh Abdul Qadir Al Jailani terkemudian dibanding Rasulullah SAW. Namun hal itu bukan perkara mustahil bagi Nabi kita karena nabi sudah melihat dan merasakan masa depan meski jauh jarak waktunya. Perlu dipahami, kejadian alam semesta beserta isi, jasad dan ruh sekalian makhluk berasal dari satu yakni Nur Muhammad SAW yg Nur Nabi kita ini berasal dari Nur Wajah Allah. Ruh menurut banyak hadits dan kesaksian para aulia juga berasal dari Nur Muhammad SAW. Ruh yang dari Nur ini sudah ada di alam ruh, dan Nabi kita bisa melanglang kemanapun sesuai kehendak Allah. Meski belum zahir Syaikh Abdul Qadir ke dunia namun Nabi bisa berjumpa dengan ruh sesiapun atas izin Allah, sebagaimana Nabi bisa berjumpa dengan ruh Nabi Nabi meski masa zahirnya sudah berlalu seperti ruh Nabi Ibrahim, Nabi Musa dan Nabi Adam ketika Isra Mir’raj…..wallahu a’lam

  26. Wahai saudaraku seiman, saya takut,..dan berhati-hatilah membuat komentar,.karna ini perkara Goib, apa lagi menyangkut istilah ROH.

  27. wahai para penghujat berhentilah anda berkomentar dngn nada memfitnah cerita dan kisah syeh abdul qodir jaelani itu insya allah benar adanya dan kalau anda mau mengaji dan mengkaji silahkan tanya kepada para kyai dan ulama pasti akan mendapatkan penjelasan yg sama terima kasih saudara2 ku mudah2an anda menyikapinya lebih dewasa lagi amiien.

  28. Assalamu’alakum

    Tidak benar, bagaimana mungkin syaikh abdul qadir ada disaat isra’ mi’rajnya nabi sedangkan syaikh abdul qadir keturunan nabi muhammad, bagaimana mungkin syaikh abdul qadir ada pada saat isra’ nabi sedangkan syaikh abdul qadir belum lahir, pesan saya kepada penulis jika anda sangat mencintai syaikh abdul qadir jangan sampai kecintaan anda membuat hal2 yang tidak benar

    Wassalam
    Wallahu a’lam

  29. Aamiin

  30. Allahu Akbar

  31. subhanallah

  32. hahahaha ingat soudara”q klian tlah di perbudak naffsu yg sangat hlus lbih halus dari pada bulu merah, nama x nafsu yg umum aja kita sbut mrasa lbih pintar dari pada orang lain. hahaha, subanalloh ingat islam itu rahmatan lilalamin sayapun tdak bsa membnarkan. jga tdak bisa menyalahkan tentang hadits/ kita sbut crita aja ya tkut slah paham.. hhahaja ingat di dunia ini ada yg tersrat dan ada yg tersurat sbagai mnusia banyak banget hal yg kita tidak tau karna apa kita masih dlm timgkatan newbe dalamislam ato sari.at

  33. Assalamualaikum
    saya cuman mau berkomentar untuk penulisnya agar tidak di cecer pertanyaan terus, sebenernya sumbernya berasal dari mana kalo bisa di beberkan saja jadi ada pertanggungjawaban, Namun saya cuman menggarisbawahi tentang ROH, banyak pertanyaan yang menurut saya Konyol dan Bocah, Seperti Loh Syekh Abdul Khodir Al-jailani kok sudah ada kan dia baru ada setelah beberapa masa setelah Rasullulah ? haha…, Mas Bro untuk Masalah Ruh itu urusan Allah, Roh tak terikat oleh Waktu dan Tempat, karena bukan Benda Eksist (Ada/Nyata)…, Roh itu semua berasal dari Nur yang awal Nur Muhammad itulah bapak Roh, semua yang bernyawa di dunia, sudah ada Rohnya sejak Alam nyata belum ada, itulah Nur Muhammad, ya contohnya saja bagaimana nabi muhammad bisa bertemu nabi musa yang sedang berada di bukit tursina disaat perjalanan Isra ? padahal nabi musa sendiri sudah wafat dan jarak massanya sangat jauh, bagaimana juga denga para Habaib dan Wali yang bermimpi dengan Rasulluloh ? padahal nabi muhammad sudah wafat ? permasalahan Roh bukan hal yang bisa di bahas dengan logika alam nyata…Wallohu’alam, koreksi jika saya salah


Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 85 other followers

%d bloggers like this: