Posted by: Syukron Tanzilah | February 16, 2013

Sekilas Profil Al Habib Jamal Bin Thoha Baagil (Pengasuh Pondok Pesantren Anwarut Taufiq, Malang)

Sekitar 500 sepeda motor dan mobil berkonvoi turun dari daerah Batu menuju kota Malang pada malam Jum’at Legi, 11 Juni. Penumpang yang kebanyakan para pemuda, memakai baju koko putih, peci putih, dan berjaket hitam. Mereka membawa bendera kebesaran bertuliskan Sholawat di Bumi Arema. Ada juga yang bertuliskan Arema Bersholawat. Ada pula Majelis Shalawat Ar-Ridwan. Iring iringan itu berjalan dengan tertib dalam jarak 20 km yang ditempuh sekitar 40 menit menuju Masjid al-Huda di kota Malang.

Al Habib Jamal Bin Thoha Baagil

Seorang habib muda bersorban putih turun dari mobil dan melangkah masuk ke halaman masjid. Itulah Habib Achmad Jamal bin Thoha Ba’agil, sang pemimpin sekaligus pemrakarsa gerakan Sholawat di Bumi Arema setiap malam Senin Legi ba’da sholat Isya’. Beberapa waktu kemudian, Habib Jamal Ba’agil, begitu alumnus Darul Mushthafa Tarim ini sering disapa, memimpin sholawat Adh-Dhiya’ullami’, gubahan gurunya, Habib Umar bin Hafidz.

Dengan segera hadirin yang tadinya hiruk pikuk, dan kemudian bertambah dengan jama’ah setempat, menjadi sekitar seribu orang, mulai duduk dengan tertib dan ikut melantunkan syair kecintaan kepada Rasulullah saw. Sholawat yang dilantunkan oleh para Arema (Arek Malang) ini berkumandang dengan rancak dan apik, ditingkahi dengan hadrah yang dominan dengan nada bas, karena memakai terbang ukuran besar.

Setelah lantunan sholawat berlalu, baru Habib memberikan tausiyah kepada hadirin, yang hampir seluruhnya anak anak muda. Dalam majelis ta’lim yang resminya diberi nama oleh Habib Umar bin Hafidz “Majelis Sholawat Ar-Ridwan” ini, Habib menguraikan pentingnya kita bertaqwa kepada Allah, mencintai Rasulullah saw, dan sekitar permasalahan pemuda, serta pengaruh asing yang bertentangan dengan syari’at Islam.

Tausiyah disampaikan dengan penuh semangat, sebagaimana karakter Habib Jamal, yang memang memiliki sifat tegas, dan sesuai dengan sifat arek Malang yang identik dengan semangat heroik. Dalam majelis ini Habib Jamal dibantu Habib Ja’far al-Jufri dan Habib Abdul Qodir Mauladdawilah serta Habib dan Ustadz lain yang berkenan hadir dalam acara tersebut.

Mengadopsi Darul Mushthafa

Habib Achmad Jamal, lahir di kota Malang pada 14 Februari 1977. Sungguh prestasi besar bagi seorang habib yang masih muda tetapi sudah memiliki pengaruh yang besar di masyarakat. Ia anak pasangan Habib Thoha Ba’agil dan Syarifah Suud binti Abdullah Ba’agil yang sejak kecil kental dididik dengan pendidikan agama.

Setelah menempuh pendidikan dasar dan menengah, ia masuk Pesantren Darut Tauhid, asuhan Syaikh Abdullah Abdun. Pada tahun 1987, ia berangkat ke Tarim untuk belajar di Darul Mushthafa, yang dipimpin oleh Habib Umar bin Hafidz, mondok disana selama enam tahun dan pulang ke Indonesia pada tahun 2002. Ia tidak langsung pulang ke Malang, tetapi berdakwah dulu di Surabaya. Baru kemudian ke Malang, tepatnya di kota Batu.

Seorang muhsinin (dermawan) membantunya mendirikan pondok pesantren, pada waktu ia masih berumur 27 tahun. Dengan ucapan basmalah ia mendirikan Pondok Pesantren Anwaarut Taufiq Batu, Malang. Tentu saja setelah mendapat persetujuan dari para gurunya, terutama Habib Umar bin Hafidz.

Sekarang pesantren itu telah berkembang dan memiliki santri mukim sebanyak 60 santri/santriwati dari berbagai daerah di Indonesia. Malah beberapa orang sudah lulus dan melanjutkan belajar ke luar negeri, seperti ke Darul Mushthafa. Di samping itu, mereka yang kembali ke kampungnya masing masing juga segera mengembangkan dakwah lewat majelis ta’lim dan pengajian di masjid.

Dalam mendidik para santri, Habib Jamal mengadopsi pendidikan di Darul Mushthafa Tarim, khususnya dalam kemampuan dalam membaca kitab dan berbicara dalam bahasa Arab. Disamping itu, pesantren ini juga mendorong para alumnus tidak sekedar mendapatkan ilmu agama, tetapi juga bergerak dalam bidang dakwah, dimanapun.

Dakwah ke Luar negeri

Cakupan dakwah Habib Jamal tidak saja di Malang, atau Jawa Timur khususnya. Ayah tiga putra putri ini juga melebarkan sayapnya hingga ke Jakarta, misalnya, dan kota kota di Kalimantan dan Papua. Di kota kota Kalimantan namanya sudah akrab dikenal muhibbin. Pernah pula dia berdakwah di Papua dan mendapatkan sambutan yang baik dari penduduk setempat. Rencana setelah bulan Ramadhan, insya Allah dia akan melakukan rihlah dakwah ke Papua lagi.

Selain didalam negeri, namanya juga sudah dikenal di Malaysia dan Singapura. Dalam suatu kesempatan, Habib Jamal pada tahun 2007 pernah mengisi seminar internasional di Pondok Pesantren Al-Jendrami Selangor, Malaysia , bersama para pakar terkenal dari Malaysia maupun negara negara Timur Tengah. Begitu juga di Negeri Singa, beberapa majelis ta’lim mengundangnya secara periodik.

Walau cakupan dakwahnya sangat luas, “Basics saya adalah mendidik para santri di pesantren. Saya mengharapkan, mereka akan menjadi kader kader ulama dimasa depan, minimal menjadi aktivis dakwah di tempat tinggalnya,” ujarnya.

Habib Jamal juga memiliki alamat Facebook yang bisa diakses: Achmad Jamal Toha Baagil. Disini, muhibbin dapat melihat profil Habib Jamal dengan singkat tetapi cukup lengkap, dan karena  itu dia menyediakan alamat ini untuk berkomunikasi dengan para jama’ah lewat dunia maya.

Tanda Tanda Mencintai Nabi

Dalam wawancara dengan alKisah, Habib Jamal pernah menyinggung banyaknya orang menyebut nyebut dirinya mencintai Rasulullah. Namun mana buktinya? Sebab tanda mencintai seseorang adalah sering menyebut nyebut namanya.

Begitu juga, tanda mencintai Rasulullah adalah mengikuti sunnah sunnahnya. “Jadi, saya setuju dengan pendapat para Habib sepuh yang mengatakan. ‘Jangan menyebut dirinya habib kalau dalam sehari hari nya tidak mengikuti sunnah sunnah Rasulullah saw.” Tuturnya.

Hal serupa juga berlaku bagi umat Islam yang mengakui mencintai Rasulullah. Mereka harus mengikuti sunnah sunnah dan tentu saja menghindari larangan larangannya. Kita harus konsekuen menerapkan ajaran Islam sebagaimana disampaikan Rasulullah saw.

“Contohnya sederhana saja. Rasulullah paling senang bersiwak, dan apabila hendak sholat beliau bersiwak dulu. Coba sekarang, apakah ada sebatang siwak di kantong anda?”

Kita belum memahami pentingnya siwak. Namun kalau nanti seorang ahli, apalagi dari Barat, mengatakan bahwa dalam batang siwak itu terkandung zat zat yang mampu membersihkan mulut dari kotoran kotoran dan penyakit, kemungkinan kita baru mengakuinya. “Sayangnya kita lebih mempercayai orang lain daripada tuntunan nabi kita sendiri,” katanya. Jadi kalau ingin mengikuti sunnah sunnah Rasulullah, ikutilah hal hal yang sederhana dan selalu dilakukan Rasulullah saw setiap hari.

Selain bersiwak, Rasulullah juga gemar bersedekah, sholat sunnah, berpuasa sunnah, dan berkasih sayang dengan para sahabatnya, entah itu kecil atau besar, lelaki atau wanita, miskin atau kaya, rakyat jelata atau orang  berpangkat.

Habib Jamal Baagil dan Shalawat Nûr

habib jamal bin thoha baagil dan habib umar bin hafidhSetiap habib atau ulama pasti memiliki amalan bacaan atau wirid, begitu juga dengan Habib Jamal. “Saya paling senang mengamalkan Shalawat Nur, yang digubah Habib Umar bin Hafidz, guru saya,” ujarnya.
Beliau membaca Shalawat Nur sebanyak 10 kali pada usai waktu shalat wajib, dan begitu juga ketika malam menjelang tidur.

Dalam mengamalkan bacaan Shalawat itu, Habib Jamal merasakan ketenangan bathin. Pikiran yang semula ruwet menjadi terang. Dan karena Shalawat ini sudah dinyatakan Habib Umar sebagai amalan yang bisa dilaksanakan semua orang, ia sudah memberikan ijazah ammah, setiap orang boleh mengamalkannya. Selain itu fadhilah lain membaca Shalawat ini adalah selalu mempunyai ikatan dan hubungan erat dengan Rasulullah SAW.

Adapun bacaan Shalawat Nur sebagai berikut:

ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ وسلم ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻧﻮﺭﻙ ﺍﻟﺴﺎﺭﻱ ﻭﻣﺪﺩﻙ ﺍﻟﺠﺎﺭﻱ
ﻭﺍﺟﻤﻌﻨﻲ ﺑﻪ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺃﻃﻮﺍﺭﻱ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺎ ﻧﻮﺭ

“Allahumma sholli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammad nuuri-kas saarii wa madaadikal jaarii wajma’nii bihi fi kulli athwaarii wa ‘ala alihi wa shohbihi wasallam ya nuur”

Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad, sang cahaya-Mu yang selalu bersinar dan pemberian-Mu yang tak kunjung putus, dan kumpulkanlah aku dengan Rasulullah di setiap zaman, serta shalawat untuk keluarganya dan sahabatnya, wahai Sang Cahaya.”

Kalam Kalam Hikmah Habib Jamal bin Thoha Baagil

habib jamal bin thoha baagil•Jumat adalah lebaran para mukmin, maka persiapan hadir sholat jumat mesti sempurna.. Gak boleh kalah dengan hadir resepsi.. Siapin baju yang serba putih, mandi, pake wewangian, dan “jangan telat” agar bisa dengerin khutbah dengan sempurna.. Inilah adab yang diajarkan kekasih kita Muhammad..

•”Dengki/hasud memakan kebaikan yg kita miliki, seperti api melahap menghanguskan kayu bakar”.. alhadis na’udzubillah minal hasad..

•Orang yang dermawan dekat dengan Allah, manusia, surga dan jauh dari neraka..Orang yang pelit jauh dari Allah, manusia, surga dan dekat dengan neraka..
Orang jahil tapi dermawan lebih dicintai Allah dari pada orang Alim tapi pelit.. Orang yang pelit PASTI karena kena penyakit Hubbud Dunia.

Imam Syafi’i berkata “kalau bukan karena nikmatnya berteman dengan orang-orang yang sholih, para ulama, atau orang-orang yang dekat sama Allah & kalau  bukan karena nikmatnya bangun malam munajat kepada Allah, aku sudah gak betah lagi hidup didunia ini”
subhanallah..orang se~solih beliau pun masih butuh teman-teman yang sholih, apalagi seperti kita! makanya kalau ada haul para wali atau kunjungan ulama, jangan gak hadir! disitu kita bisa lihat wajah orang sholih, salaman, dll.. ROBBI FAN FA’NA BI BARKATIHIM..aamiin

•Imam Juneid berkata “Barang siapa yang membuka 1 pintu niat kebaikan, niscaya Allah akan membukakan 70 pintu tawfiqNya.. Dan barang siapa yg membuka 1 pintu niat keburukan, Allah akan membuka 70 pintu khodzlan (kesesatan).. Na’udzubillah.

•Selalulah hiasi hati kita dgn niat-niat yang baik agar tawfiq Nya selalu menyertai kita, dan jangan sampai niat buruk terbesit di hati kita, agar tidak terjerumus dalam kesesatan. Ya Allah bit tawfiq.

•Seorang sholihin bermimpi bertemu Imam Juneid Al Baghdady (setelah meninggal), kemudian dia bertanya.. Apa yg telah diperbuat Allah kepada mu? beliau pun menjawab “hilanglah semua isyarat, begitu pula ibarah, lenyaplah semua ilmu, hilanglah gambaran dhohir didunia..yang paling manfaat ialah sholat-sholat sunnah yang aku lakukan di tengah malam”
subhanallah!!! lebih manfaat bangun malam untuk sholat dan ngaji dari pada lihat ‘bola’ wahai saudaraku..

•Nabi bersabda: Di surga ada tempat namanya “Rumah Bahagia”, & yg diizinkan masuk ke dlmnya kelak ialah orang2 yang didunia gemar menggembirakan anak2 kecil..
Masya Allah..Orang tua2 kita dulu gak lepas dari kantong mreka permen, kalau pas ketemu anak2 langsung dibagiin itu permen.. Mereka berharap bisa masuk ke “Rumah Bahagia” kali ya??🙂

Ulama berkata: Jadilah kau seorang yang walaupun kakinya menempel di tanah, tapi semangatnya selalu ada di bintang Tsuroyya.. Maka bersemangatlah dalam segala aktifitasmu dan jadikanlah dia ibadah untuk meraih ridhoNya..🙂

•Imam Hasan Bashry ditanya, “Wahai Imam, kenapa wajah kaum sholihin begitu nikmat dipandang?”
Beliaupun menjawab..”Bagamana tidak? Sedang dia selalu bersendirian dengan Allah di tengah malam, maka Allah pun memercikkan nurNya diwajah hamba tersebut” hingga wajah mereka apabila dipandang, mengingatkan kita kepada Allah..

•kalau kita bangga dengan banyaknya harta, bukankah Qorun lebih banyak hartanya dari kita?
kalau kita bangga dengan jabatan kita, bukankah Fir’aun lebih tinggi jabatannya dari kita semua? kalau
kita bangga dengan keindahan wajah kita, bukankah Abu Lahab lebih indah wajahnya dari kita? tapi kemana mereka semua?? yang ada mereka semua terhina dalam Al Quran..
kebanggan hanya ada pada Taqwa kepada Allah SWT,
Rosul bersabda “sesungguhnya akan datang zaman dimana kalian akan berlomba2 meraih kekuasaan/jabatan, padahal itu semua akan membuahkan penyesalan kelak di hari qiyamat”
Coba lihat sekarang, 1001 cara dilakukan orang untuk dapat jabatan mulai duit, dukun, kebohongan, khianat dll.. maka didunia sudah banyak yang nyesel (karena masuk nusakambangan) apalagi nanti di akherat!!
Tiada hal yg paling membuatku menyesal, seperti lewatnya suatu hari yg disitu matahari …terbenam dlm keadaan umurku berkurang dan amalku gak nambah..(S.Abdullah bin Mas’ud) Semoga di tahun yg baru ini amal kita lebih banyak dari pada tahun kemarin.. aamiin

 

•Habib Ali AlHabsyi berkata: “Mana mungkin terbesit dalam hatiku rasa gundah, sedih, atau kotoran hati.. sedangkan dlm hatiku selalu bersemayam kecintaan kepada paling indah dan mulia makhluk.. Dia lah Habibuna Muhammad”
Ya ALLAH, penuhi hati kami dgn kecintaan kepada kekasihMu Muhammad..

•hal2 yang menambah tajamnya hafalan: sering pake siwak, sering puasa, sering ngaji… quran..
hal2 yang mengurangi daya hafal: sering maksiat, sering sumpek,,,
sering baca tulisan di batu nisan, sering makan apel yg masam.. ini MUJARRAB kata ulama

•Ulama berkata “kita mesti punya seorang guru yang menuntun kita untuk dekat kepada Allah dan RosulNya”.. jelas, tanpa seorang guru mustahil kita bisa mengetahui yang haq ataupun yg bathil.. tapi apakah syarat guru yang menjadi penuntun kita tersebut?? Guru adalah perantara antara kita dengan nabi.. Maka ilmu agama ini gak mungkin diraih tanpa bimbingan mereka.. kalau orang cari dunia aja, ribuan kilo akan dia lintasi, maka cari guru yang mengenalkan dia akan Allah dan Rosul harus lebih diprioritaskan dari itu semua..

•Rosul bersabda ” Maukah kau kuberi tahu, obat dari dosa-dosa kalian?” Sahabat menjawab: “mau Yaa Rosulullah..” Nabi berkata “Obatnya adalah Istighfar” ..
Perbanyaklah istighfar, dengan nya kesedihan kita dihilangkan, masalah kita diselesaikan, rezeki kita dilapangkan oleh Allah.. Astghfirullah…

•’Amir bin qeis berkata “Orang yang paling banyak tertawa di dunia ialah orang yang akan paling banyak menangis di neraka”..
tertawa yang dimaksud ialah tertawa dalam ghoflah (melupakan Allah)

•Habibuna Muhammad bersabda “Muslim yang sempurna ialah muslim yg tidak pernah menyakiti muslim yg lain dgn lisan atau kekuatanya”.. maka, janganlah sekali2 kita mengolok-olok sesama orang muslim.. apalagi sampai menyakiti dan mendholiminya

Sufyan Ast stauri berkata ” Tangisan itu mempunyai 10 bagian, 1 bagian diantaranya ialah tangisan untuk Allah dan 9 bagian sisanya ialah RIYA’, apabila yg 1 bagian tersebut dijalani walau sekali dalam setahun, niscaya akan menyelamatkannya dari api neraka..”
Dan yang 1 itu biasanya menetes ditengah malam, ketika hamba sedang munajat kepada Sang ROBB.

•Ketika ada yg bertanya di kotak komentar ” Iya Bib, tapi bagaimana mengelola hati ini untuk tdk terkontaminasi dengan virus riya’….?”, Habib Jamal menjawab:  “tangisan riya’ ialah semua bentuk tangisan yang bukan karena Allah, bisa jadi ingin dilihat orang, atau tangisan untuk duniawiyah saja atau yg lain2.. gak sedikit, bahkan tiap hari pasti ada orang yang menangis, tapi mana tetesan air mata yg menetes karena takut tidak dikabulkannya amal, karena takut masuk neraka, karena takut tdk diakui sebagai umat nabi Muhammad dll.. yg ada nangis, karena kehilangan dunianya, nangis ditinggal kekasihnya, nangis gak lulus ujian atau yg lainnya..”

•Hati orang mukmin lebih mulia dari ka’bah..,hingga sebagian ulama berkata “kau hancurkan…dinding ka’bah lebih mending dari pada kau hancurkan (sakiti) hati org mukmin” Maka kita mesti jaga lisan & tulisan kita, jangan sampai nyakitin hati saudara kita mukmin..
Baarokallah fiik.

•Apabila ada status yg kurang berkenan di hati atau perbuatan yg men…gecewakan hati..
maka al faqir dr lubuk hati, mengucapakan ribuan maaf..
Semoga Ramadhan ini menjadi Ramadhan yg paling berkah dr sebelumnya.. hingga dosa, kesalahan, kekhilafan, keburukan kita semua dihapus dan dimaafkan oleh Allah..amin

Minal a’idin wal faizin..
•Barang siapa yg meninggal dlm keadaan telah taubat dari maksiat ghibah (menggunjing) maka dia adalah orang yg terakhir masuk surga.. dan barang siapa yang meninggal dlm keadaan blm taubat dari ghibah maka dia adalah orang yg pertama kali masuk neraka. na’udzubillah..

habib jamal bin thoha baagil

•Nabi bersabda ” Wanita yang paling banyak bawa berkah ialah wanita yg paling ringan nafkahinnnya “..
jadi, kalo cari istri jangan yang matre dan boros belanjanya.. gak bawa berkah.
tapi cari yang selalu qona’ah dan selalu amanah dlm menjaga harta suaminya..Insya Allah banyak berkahnya.

•Nabi bersabda ” Yg sedikit dan cukup itu lebih baik dari pada banyak tapi membuat kita lalai”
maka kita jangan tergiur dengan kenikmatan yg sementara sampai lalai untuk meraih kenikmatan yang abadi.. Dunia hanya ladang amal, akherat adalah tempat kita panen.. dunia bukan tempat tinggal abadi, dunia cuma tempat transit..

•Nabi bersabda “orang-orang mulya di ummatku adalah yg mau berkorban, dan orang2 tidak baik di ummatku adalah yang mampu berkorban tapi enggan melakukannya”..

•semoga amalan korban kita diterima oleh Allah..
dan bagi yg gak mampu korban kambing tapi ingin ikut serta dapat keutamaan korban ikuti fatwa ibnu Abbas yg membolehkan berkorban dgn seekor ayam.. Allahumma sholli ‘ala Muhammad..

•”Berbaktilah kalian kepada orang tua kalian, niscaya anak-anak  kalian juga akan berbakti kepada kalian”..
“sebagaimana kalian hutang, jg kalian akan dihutangi”
maka, setiap kita berbuat sesuatu pasti semua akan kembali pd diri kita sendiri.. waspadalah!!

•Berkata Ustman bin abil ‘ash Aststaqofi: “Wahai anakku, org nikah seperti menanam, maka carilah ladang yg baik untuk tanaman itu.. ladang yang gak baik sulit untuk menghasilkan buah yg baik..maka hati2lah, terlambat nanam dikit gak papa asal dapat
ladang yg baik.. dan buahnya terjamin baik”..

•Abu Ja’far Al Manshur, khalifah Bani Abbas yang masyhur itu, setiap kali naik haji ke Mekkah dan melewati Madinah, pasti turun dari kendaraannya. Ketika ditanya apa sebabnya berbuat demikian, beliau
mengatakan bahwa hatinya tidak tega menaiki kendaraannya di atas tanah yang mengandung tubuh Rasulullah SAW

•Nabi bersabda “Tak akan sesat suatu kaum setelah diberi hidayah oleh Allah, kecuali kalau kaum tersebut suka berdebat”

•ulama berkata “Apabila Allah menginginkan keburukan pd hambanya, maka dibukakan untuknya pintu perdebatan dan ditutup pintu amal.. dan apabila Allah menginginkan kebaikan pd hambanya ditutup untuknya pintu perdebatan dan dibukakan pintu amal”..
tinggalkanlah debat! kecuali dengan cara yang paling baik..

•Rosul bersabda “Dari tanda celakanya seseorg (su’ul khotimah) ada 4.

1.Air mata tak pernah terlinang untuk Allah
2.Hati yg keras (gak mudah terketuk dgn nasihat)
3.Rakus sama dunia
4.Tdk pernah ingat mati (panjang angan2nya)
Ulama berkata “kalau 1 aja sifat tersebut ada dalam hati kita, niscaya akan celaka, gimana kalau 2,3 atau semua ada????

•Nabi melarang kita melakukan 3 hal:
1. Ngegosip (ngomongin perihal org lain yg malah bisa jadi fitnah)
2. Menyia2kan harta (meletakkannya bukan pada tempatnya seperti berlebihan bikin resepsi dll)
3. Banyak tanya (tanpa mau amal, hanya untuk debatin org)
(Hadis muslim)

Al Habib Jamal Bin Thoha Baagil•”Apabila ini ummat mengetahui apa yg ada di bulan RAMADHAN, niscaya mereka akan mengharap semua bulan adalah ramadhan”..
makanya para salaf menyambut Ramadhan 5,5 bulan sebelumnya, dan mengucap selamat tinggal untuk Nya 5,5 bln setelahnya.. maka setahun terasa seperti di bln Ramadhan..
Ahlan Ya Ramadhan..

•Al-Habib Ali Alhabsy berkata “Sesungguhnya Allah SWT dlm setiap mlm di bln Romadhan, minimal membebaskan/memerdekakan 600rb hambanya dari api neraka”..
Imam hadad berkata “maka tidak lah luput dari pembebasan tersebut kecuali orang2 yang sagat jauh dan kebangetan kurang ajarnya sama tuhannya”
semoga kita termasuk dlm golongan orang2 yg dimerdekakan tsb.. Aamiin..

•Orang barat bilang “time is money”.. Murah benar harga waktu? Bukannya dgn waktu kita bisa dapat uang, tapi apa dgn uang kita,bisa dpt waktu? maka Imam Ghozali berkata: “setiap nafasmu adalah permata yang tak ternilai harganya” kalau gitu, harus dipakai untuk hal yg paling berharga..yaitu Ibadah demi mendekatkan diri kepada Allah..

•Rojab adalah bulan menanam, Sya’ban adalah bulan untuk mengairi apa yg telah kita tanam, dan Romadhan adalah bulan kita memanen apa yg telah kita tanam dan airi tersebut.. panennya ialah ‘itqun minan nar.. Pembebasab dr api neraka.. ja’alanallahu wa iyyakum minhum..

•Kalo malaikat diperkenankan hidup di dunia seperti manusia oleh Allah, niscaya malaikat akan berprofesi sebagai pendamai orang yg lagi berseteru.. Hal itu karena malaikat tahu besarnya pahala amalan tersebut disisi Allah.. Sebaliknya ialah setan, kalau hidup kayak manusia dia akan berprofesi sebagai NAMMAM (pengadu domba)

•Seorang badui datang kpd Nabi dan bertanya “Ya Rosulallah, aku ingin menjadi orang yang paling Alim/berilmu, gimana?
Nabi menjawab “Takutlah kpd Allah, niscaya kau adalah paling Alim/berilmunya manusia”
Jadi ilmu ialah takut, semakin takut seseorg kepada Allah maka dia semakin banyak ilmunya..

•”Sebaik-baiknya amalan disisi Allah ialah yang paling istiqomah walaupun sedikit.”…(alhadis)
karena istiqomah lebih baik dari 1000 karomah..
iblis bisa punya ilmu, bisa juga terbang, bisa juga menyingkap rahasia orang tapi iblis gak bisa ibadah dgn istiqomah..
istiqomah ialah ciri dan sifat para wali2 Allah..

•Jika melihat 3 hal dari manusia, syaiton merasa gembira seperti LEBARAN:
1. Seseorg yg dalam hatinya dihantui perasaan takut miskin
2. Seorang mukmin meninggal dalam keadaan tidak membawa iman
3. Seorang mukmin bertengkar bahkan sampai membunuh mukmin yg lain..
Dan saat itu pula Nabi SEDIH..
Sekarang kita tinggal pilih aja, menggembirakan syaiton dan membuat Nabi sedih? atau SEBALIKNYA?

•Bentengilah harta kalian dengan zakat, dan obatilah orang sakit diantara kalian dengan sedekah
Harta yang dizakatin gak bakalan binasa.. Begitu pula kalau kita pas sakit, selain beli obat jagan lupa beli beras juga untuk sedekah orang miskin.. Niscaya akan datang kesembuhan dari Allah..

•Imam Haddad berkata: “Merekalah para pemberi petunjuk manusia kpd Allah, maka beruntung bagi orang yang bisa lihat mereka atau bahkan yg bisa hadir di majlis mereka”.

•Nabi bersabda..”Allah melaknat (mengusir dari rahmatNya) bagi golongan wanita yg menyerupakan dirinya dgn para lelaki, dan bagi lelaki yang menyerupakan dirinya dgn para wanita.”
maka hati2lah dlm berpakaian, berdandan, berprilaku.. jangan sampai kita diusir dari rahmat Allah, sebab kalau sudah Allah yang ngusir, kepada siapa kita mengharap Rahmat??

•Sy.Fudheil bin ‘Iyadh mempunyai seorang murid yang meninggal Su’ul khotimah, kemudian dalam mimpi beliau tanya apa maksiat yang dilakukannya? Muridnya cerita, bahwa dia punya penyakit yang kata tabib gak sembuh kecuali dengan segelas khomr tiap tahun, maka dia jalani hal tsb.. Setelah bangun dari tidur, Fudheil berkata “Ini akibat orang yg minum
khomer untuk berobat, maka bagaimana akibat orang yang meminumnya untk lalai kpd Allah!!”

•Ada 2 kemaksiatan yang ancamannya bukan cuma dilaknat tapi bahkan akan diperangi oleh Allah.. Yaitu
1.Memerangi para wali2 Allah
2.Praktek riba’ dlm jual beli/ pinjam meminjam.
Maka, siapa yang berani dan sanggup perang dengan dzat yg Maha Perkasa??

•”Di surga ada ruangan yang indah dan bening”.. Seorang Arobi bertanya, “untuk siapa ya Rosulallah?”..
“untk org yg,
1.Tutur katanya selalu sopan
2.Selalu berbagi harta dengan sesama
3.senang berpuasa
4.Gemar bangun malam ketika manusia terlelap
tidur..”

______________

wallahu a’lam

(sumber: Majalah alKisah, umar faruqi, dari berbagai sumber)


Responses

  1. semoga kita selalu dalam bimbingan dan nasihat habaib
    download ceramah habib jamal Ba’agil
    http://www.ceramahdanqosidah.blogspot.com

  2. assalamu’alaikum wr wb. bib…,saya senang sekali ketika menemukan situs ini. ingin rasanya saya bersilaturahim ke rumah habib, saya sangat ingin menimba ilmu dari habib namun demikian masih ada beberapa hal yang masih harus saya persiapkan dan konsultasikan dengan habib. demikian bib.. wassalamu’alaikum wr wb.

  3. subhanallah bib suatu nasehat dan kata” mutiara yg sangat indah hingga menggetarkan jiwa dan hati q

  4. terimakasih..tulisannya mengingatkan saya, menenangkan dan menentramkan hati…

  5. Askum bib ane salut banget bib antum mindzurriyatil rosul

  6. ASS WR WB . AHLAN WASAHLAN HABIB JAMAL BIN TOHA BAAGIL. KHIF KHALLAK BIB? HABIB TEPAT PUKUL 12.30 WAKTU YAMAN, HABIB UMAR BIN HAFID MENGELUARKAN STATEMEN MENGENAI PERANG DI YAMAN SBB. PERANG YANG TERJADI MERUPAKAN SUNNAH NABI SAW YANG SUDAH TERUCAP PERANG INI MERUPAKAN FITNAH AKHIR ZAMAN SEBAGIAN TANDA2 DARI AKHIR ZAMAN DAN PEPERANGAN ITU HANYA PERMAINAN IBLIS.KEPADA ORANG YG LEMAH IMANNYA. TAPI YG ADA DI TARIM SUDAH DIJAMIN DUNIANYA DANAGAMANYA. MEREKA SANTRI2 DTIDAK BOLEH MENINGGALKAN TARIM SURUH BERTAHAN KALIAN DALAM LINDUNGAN ALLAH SEMESTA ALAM.. DAN DALAM PERKUMPULAN INI MARILAH KITALANTUNKAN KALIMAT YA ALLAHU YA ALLAHU YA ALLAH.KARENA ITU LEBIH CANGGIH DAN MUSTAJAB DARI SERIBU JET TEMPUR YG BOMBARDIR YAMAN. SELAMA KALIAN TUNAIKAN HAK KEDUA ORANG TUA KALIAN DAN MEREKA RIDHO KALIAN. DAN ORANG YG SIDDIQ ADALAH ORANG YG BERTAHAN BERSAMAKU/ HABIB UMAR. DAN TETAPLAH DI JALAN YG DIRIDHOI ALLAH . MOHON DOA SELURUH UMMAT ISLAM, KITA BERSATU KESAMPINGKAN MADHAB UNTUK MEMERANGI IBLIS .


Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: