Posted by: Syukron Tanzilah | August 1, 2013

Cahaya Iedul Fithri

Cahaya Iedul Fithri

Idulfitri adalah hari kemenangan dan kesucian, karena merupakan Kemenangan setelah melakukan Jihad yang terbesar, yaitu berjihad melawan hawa nafsu selama sebulan penuh. Maka disunnahkan untuk bersilaturahmi, menghias diri dengan pakaian indah dlsb, bukan karena pamer dan riya, tetapi membesarkan syiar Allah swt. Dan di hari ini sebagian besar Ummat Muhammad shollallahu alayhi wasallam diampuni Allah swt seluruh dosa dosanya.

Apakah semua orang yang berpuasa berhak mendapatkan gelar fitrah atas puasa beliau? Semua orang yg berpuasa dengan Bersungguh sungguh menahan hawa Nafsunya semampunya dan mengikuti syarat syarat sah puasa, dan menghindari hal hal yang membatalkan puasa dan pahala puasa, maka bagi mereka anugerah tersebut. Mengapa orang orang kadang lalai akan akhir ramadhan, mereka malah disibukan mengejar lebaran dengan keduniaannya? Kebiasaan Syaitan untuk selalu menyesatkan di waktu waktu yang mulia, dan banyak mereka yang terjerumus hingga menghancurkan ramadhannya dengan merusak akhir ramadhan, disaat Gemilang cahaya anugerah Allah sedang memuncak, mereka justru berpaling dari Nya, bagai Maha Raja sedang menyodorkan nampan-nampan Hadiah berlian berlian termahal yang tak akan pernah kita temukan Maha Raja sebaik ini dan tak akan ada hadiah lebih berharga dari ini, kita malah berpaling menepiskan tangan sang Maha Raja hingga nampan berlian itu tumpah dan kita pergi pada Kepala penjahat musuh si Raja, untuk menerima batu batu tak berguna, yang justru hal itu membuat Maha Raja Murka. Naudzubillah.. Allahummahdiy Qaumiy fainnahum laa ya’lamun..

Adakah amalan khusus yang bisa saya amalkan ketika masuk malam takbiran? dimana terkadang orang merasa merdeka akan romadhon. dengan kebebasan yang tidak terkontrol? Sabda Rasulullah saw : ”hiasilah Ied kalian dengan Takbir.
Sabda Rasulullah saw : ‘Barangsiapa mengucapkan SUBHANALLAH WABIHAMDIHI pada hari Idulfitri sebanyak 300X, dan menghadiahkannya untuk ummat muslimin, maka masuklah pada setiap kubur 1000 cahaya, dan Allah jadikan dikuburnya kelak baginya bila ia wafat 1000 cahaya pula’.
‘Barangsiapa yg menghidupkan malam idul fitri dengan Tahajjud dan mengingat dosa dan bertafakkur, maka Allah akan membuat hatinya terus hidup pada saat matinya semua hati.
(Sumber: Mukasyifatulquluub-Imam Ghazali bab Fadhlul Ied)


Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: