Posted by: Syukron Tanzilah | February 9, 2014

Yub’atsu Min Tihamah في مولد الديبعى

يبعث من تهامة بين يدی القيمة

Yub’atsu min Tihâmah baina yadayil qiyâmah
Nabi shallallahu’alaihi wasallam diutus oleh Allah dari negeri Tihamah (Makkah) diantara saat menjelang datang hari kiyamat,

فی ظهره علامة تظله الغمامة، تطيعه السحائب ،

Fî dhohrihî ‘alâmah tudhilluhul ghomâmah, Tuthî’uhus-sahâ-ib
Pada punggungnya ada tanda kenabian. Bila berjalan, awan senantiasa melindunginya dan perintahnya dipatuhi oleh awan.

فجري الجبين ليلي الذوائب ،

Fajriyyul jabîni lailiyyudz-dzawâ-ib
Dahinya bercahaya cemerlang, rambutnya bagaikan malam gelap gulita/ hitam pekat.

الفي الأنف ميمي الفم نوني الحاجب،

Alfiyyul anfi miimiyyul fami nûniyyul hâjib
Bagaikan huruf alif bentuk mancung hidungnya, bagaikan huruf mim bulat mulutnya, bagaikan huruf nun lengkung alisnya.

سمعه يسمع صرير القلم

Sam’uhu yasma’u shorîrol qolami
Pendengarannya dapat mendengar geritan qalam di Lauh Mahfuzh,

بصره الی السبع الطباق ثاقب،

Bashoruhu ilâs-sab’ith-thibâqi tsâqib
penglihatannya sampai ke langit tujuh.

قدماه قبلهما البعير فازالا مااشتگاه من المحن والنوائب

Qodamâhu qobbalahumâl ba’îru fa azâ-lâ mâ-sytakâhu minal mihani wan-nawâ-ib
Kedua telapak kakinya dicium unta, maka lenyaplah rasa sakit serta bala’ musibah yang diderita oleh unta itu,

أمن به الضب وسلمت عليه الأشجار

Âmana bihidl-dlobbu wa sallamat ‘alaihil asyjâru
Binatang biawak dan lainnya beriman kepadanya dan bersalam kepadanya pepohonan,

وخاطبته الأحجار وحن إليه الجذع حنين حزين نادب

Wa khôthobat-hul ahjâru wa hanna ilaihil jidz’u hanîna hazîni nâdib
Bicara dengannya batu-batuan, batang kurma meratap kepadanya bagaikan rintihan kesedihan seorang pecinta.

يداه تظهر برگتهما فی المطاعم والمشارب

Yadâhu tadh-haru barokatuhumâ fîl mathô’imi wal masyârib
Kedua tangannnya menatap menampakkan berkahnya pada makanan dan minuman.

قلبه لا يغفل ولا ينام ولکن للخذمة علی الدوام مراقب،

Qolbuhû lâ yaghfulu wa lâ yanâmu wa lâkin lil khidzmati ‘alâd-dawâmi marôqib
Hatinya tidak lalai dan tidak pula tidur, tetapi senantiasa mengabdi dan ingat kepada Allah.

إن أوذي يعف ولا يعاقب

In ûdziya ya’fu wa lâ yu’âqib
Bila disakiti, beliau mengampuni dan tidak membalas dendam,

وإن خوصم يصمت ولا يجاوب

Wa in khoushima yashmut wa lâ yujâwib
Bila dihina, beliau hanya diam dan tidak menjawab,

أرفعه إلی أشرف المراتب

Arfa’uhu ilâ asyrofil marôtib
Allah mengangkatnya ke martabat yang lebih mulia/tinggi,

فی رکبة لا تنبغی قبله ولا بعده لراکب

Fî rokbati lâ tanbaghî qoblahu wa lâ ba’dahû lirôkib
Dengan kendaraan yang tak pernah dipakai oleh siapapun, sebelum dan sesudahnya.

فی موکب من الملائگة يفوق علی سائر المواکب،

Fî mawkibin minal malâ-ikatin yafûqu ‘alâ sâ-iril mawâkibi
Pada golongan malaikat, ketinggian derajatnya melebihi yang lain.

فإذا ارتقی علی الگونين وانفصل عن العالمين

Fa idzâ-rtaqô ‘alâl kaunaini wanfashola ‘anil ‘âlamaini
Maka ketika Nabi naik melalui dua alam dan berpisah dari dua alam,

ووصل إلی قاب قوسين کنت له أنا النديم والمخاطب

Wa washola ilâ qôbi qousaini kuntu lahû anan-nadîma wal mukhôthib
sampailah yang ke tempat ketinggian yang bagaikan jarak dua busur panah, maka Aku-lah yang menghibur dan berbicara kepadanya.

اللهم صل وسلم وبارك عليه

Allâhumma sholli wa sallim wa bârik ‘alaihi
Ya Allah tetapkanlah limpahan rahmat dan salam serta keberkahan kepadanya (Nabi Muhammad)

ثم ارده من العرش ، قبل أن يبرد الفرش، وقد نال جميع المأرب

Tsumma arudduhû minal ‘Arsyi qobla an yabrudal farsyu wa qod nâla jamî’al ma-âribi
Kemudian Aku kembalikan dia dari ‘Arsy, sebelum dingin alas semua apa yang tidurnya dan benar-benar telah memperoleh menjadi tujuannya.

فإذا شرفت تربة طيبة منه بأشرف قالب سعت إليه أرواح المحبين علی الأقدام والنجائب

Fa idzâ syurrifat turbatu thoybata minhu bi asyrofi qôlabin sa’at ilaihi arwâhul muhibbîna ‘alâl aqdâmi wannajâ-ib
Maka ketika tanah suci Makkah dimuliakan karena sebab kemuliaan Nabi yang merubahnya. Telah terbentang keleluasaan untuk tujuan ke Makkah bagi jiwa-jiwa yang mencintainya, baik yan berjalan kaki maupun yang berkendaraan.

***
Teks diatas adalah petikan teks Maulid Ad-Dîba’î, Karya  Al-Imam Wajihuddin ‘Abdur Rahman bin Muhammad bin ‘Umar bin ‘Ali bin Yusuf bin Ahmad bin ‘Umar ad-Diba’ie asy-Syaibani Al-Yamani Az-Zabidi Asy-Syafi’i.


Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: